“Maulid Nabi Muhammad SAW, Jejak Dan Visi Beliau Adalah Percontohan”

 

OLEH: Lukman, S. Ag
(Kepala MTs Izzatul Ma’arif Tappina)

 

 

 

Pertama yang harus di garis bawahi bahwa Nabi Muhammad SAW adalah sosok teladan yang akhir akhir ini sudah terlupakan karena generasi-generasi milenium lebih cenderung mengidolakan artis-artis yang nampak di mata. Inilah tugas ananda sekalian selaku pelajar yang berlatar belakang religi untuk meluruskan itu semua. Bagaimana supaya kita bisa kembali mengidolakan Nabi, Mengapa ? Kerena keselamatan akhirat maupun dunia intinya bagaimana kita bisa mengidolakan nabi. Yang mana kita tahu bahwa nabi itu yang hidupnya sederhana itu yang patut kita contoh, supaya kita bisa mendapatkan kebahagiaan dan kesejahteraan yang banyak orang tidak mendapatkan sekarang ini. Mengapa ? Karena kesejahteraan dan kebahagiaan itu tidak diukur dari materi finansial, tetapi di ukur dari bagaimana ketentraman itu dan dan untuk mendapatkan itu kita harus kembali kepada junjungan nabi besar kita yaitu Nabi Muhammad SAW.
Kedua, sosok Nabi Muhammad SAW adalah sosok nabi yang patut di teladani terutama dari segi akhlak . Kalau ini yang kita perlihatkan, saya pikir ini di lingkungan madrasah kita tidak ada masalah lagi. Mengapa? Karena misi Nabi Muhammad SAW bukan hanya untuk menyebarkan agama Islam tetapi juga untuk menyempurnakan akhlak-akhlak yang telah dibangun oleh Nabi-Nabi sebelumnya.
Ketiga, terkait dengan Maulid Nabi Besar kita Muhammad SAW saya sangat salut kalau setiap tahunnya kita peringati karena memang ini adalah sunah. Jangan ada lagi masalah diantara kita bahwa maulid nabi itu adalah bit’ah tapi mari kita lihat sisi positifnya. Jika kita kembali kepada kehidupan nabi, nabi itu tidak pernah bermaulid dan sahabat juga tidak pernah bermaulid, tetapi pertama yang harus di garis bawahi bahwa Nabi Muhammad SAW adalah sosok teladan yang akhir akhir ini sudah terlupakan karena generasi-generasi milenium lebih cenderung mengidolakan artis-artis yang nampak di mata. Inilah tugas ananda sekalian selaku pelajar yang berlatar belakang religi untuk meluruskan itu semua. Bagaimana supaya kita bisa kembali kepada mengidolakan nabi. Mengapa ? Kerena keselamatan akhirat maupun dunia intinya bagaimana kita bisa mengidolakan nabi. Yang mana kita tahu bahwa nabi itu yang hidupnya sederhana itu yang patut kita contoh, supaya kita bisa mendapatkan kebahagiaan dan kesejahteraan yang banyak orang tidak mendapatkan sekarang ini. Mengapa ? Karena kesejahteraan dan kebahagiaan itu tidak d ukur dari materi finansial, tetapi di ukur dari bagaimana ketentraman itu dan dan untuk mendapatkan itu kita harus kembali kepada junjungan nabi besar kita yaitu Nabi Muhammad SAW.
Kedua, sosok Nabi Muhammad SAW adalah sosok nabi yang patut di teladani terutama dari segi akhlak . Kalau ini yang kita perlihatkan, saya pikir ini di lingkungan madrasah kita tidak ada masalah lagi. Mengapa? Karena misi Nabi Muhammad SAW bukan hanya untuk menyebarkan agama Islam tetapi juga untuk menyempurnakan akhlak-akhlak yang telah dibangun oleh nabi-nabi sebelumnya.
Ketiga ,terkait dengan Maulid Nabi Besar kita Muhammad SAW saya sangat salut kalau setiap tahunnya kita peringati karena memang ini adalah sunah. Jangan ada lagi masalah diantara kita bahwa maulid nabi itu adalah bit’ah tapi mari kita lihat sisi positifnya. Jika kita kembali kepada kehidupan nabi, nabi itu tidak pernah bermaulid dan sahabat juga tidak pernah bermaulid, tetapi nabi bermaulid itu dengan cara puasa pada hari Senin. Tapi bagaimana dengan keadaan sekarang, jika kita bermaulid apakah itu bid’ah ? Bukan ! Karena tidak semuanya yang dilakukan nabi itu bid’ah. Kalau yang tidak dilakukan Nabi, tetapi arahnya positif maka itu bisa bisa saja dilakukan dan saya pikir itu ini paling bagus untuk dihidupkan kembali. Bermaulid itu dengan cara puasa pada hari Senin. Tapi bagaimana dengan keadaan sekarang, jika kita bermaulid apakah itu bid’ah ? Bukan ! Karena tidak semuanya yang dilakukan Nabi itu bid’ah. Kalau yang tidak dilakukan nabi, tetapi arahnya positif maka itu bisa bisa saja dilakukan dan saya pikir itu ini paling bagus untuk dihidupkan kembali.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *