“Siswa MA Tappina Study Tour, Kesiapan Panitia Totalitas Utama”

Foto: Hasan, S. Pd.I., M. Pd (Kepala Madrasah Aliyah Izzatul Ma’arif Tappina)

Study Tour salah satu kegiatan pembelajaran yang disajikan oleh Pimpinan Madarasah Aliyah Izzatul Ma’arif Tappina dari tahun ke tahun sebagai kegiatan ekstrakurikuler yang masuk dalam daftar agenda terpenting. Kegiatan ini sebagai bagian dari ruang pembelajaran peserta didik selain proses belajar mengajar di kelas, khusus bagi peserta didik tingkat sebelas (XI) baik itu jurusan IPA maupun IPS. Salah satu cara mengajarkan kepada siswa tentang kondisi perkotaan adalah program Pembelajaran Lapangan. MA Tappina yang berkedudukan di Desa Mirring salah satu desa tidak jauh dari batas daerah Pinrang (sulsel) dengan Polman (Sulbar), tepatnya di Dusun Tappina Desa Mirring  Kecamatan Binuang Kabupaten Polman ini peserta didiknya hanya berangan-angan ketika seorang guru menjelaskan pelajaran yang berkaitan dengan wawasan pengetahuan ilmu sosial, alam dan bahasa yang memiliki kaitan kehidupan Kota dalam hal ini pengetahuan umum, yang memang butuh sentuhan langsung dengan praktek lapangan agar peserta didik tidak hanya berangan-angan lagi saat mendengarkan penjelasan teori. Beranjak dari situlah Kepala sekolah MA Tappina memprogramkan kegiatan Study Tour dari tahun ke tahun untuk Peserta didiknya.

“Kali ini pelaksanaan study Tour dilaksanakan lebih cepat dari sebelumnya, dengan jadwal keberangkatan mulai hari Senin 19 hingga kembali pada Rabu 21 November 2018 malam, hanya tiga hari dua malam” ucap Sukiman selaku Ketua Panitia saat crew Dedikasi  menyambangi pada hari Rabu/14/11. lanjutnya “Menyangkut masalah persiapan untuk keberangkatan study tour saya rasa sudah 80% sisa 20% nya itu ketika kita sudah berangkat” tutur Sukiman, S.Pd atau yang akrab disapa kimank. (@Samsul&Hidayanti)

Foto: Sukiman, S. Pd (Ketua Panitia Study Tour)

Peserta study tour sangat antusias menunggu waktu pemberangkatan dari mulai persiapan hingga pelaksanaannya nanti, peserta sudah mulai menyiapkan segala hal yang akan mereka bawa pada saat kegiatan nanti. “Adapun persiapan yang kami lakukan sebelum berangkat study tour yaitu mental, perlengkapan alat tulis menulis dan lainya yang diperlukan”, Ucap Sarifa Almunawwarah salah satu dari peserta dari tingkat kelas XI IPS ketika ditemui reporter Dedikasi. (@Ardi & Santi)

Salah satu orang tua siswa mengatakan “kegiatan study tour ini sangat bermanfaat bagi anak kami karna bisa menambah wawasan dan juga ilmunya supaya ada to dia pengalamannya pergi ke Makassar”, ucap Nurbia salah satu orang tua siswa ketika ditemui oleh crew Dedikasi. (@Faisal & Rifai)

“Study tour kali ini akan sedikit berbeda dengan study tour sebelumnya, yang membedakan adalah rutenya. Jika tahun lalu rutenya ke UNHAS namun kali ini rutenya ke Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar UIN , Kantor Media Cetak Tribun Timur Makassar dan lain-lain, alasan memilih UIN karena siswa akan diajak masuk ke Laboratorium. Dan juga dari persiapan yang matang dan tentunya untuk pertama kalinya peserta study tour memiliki pakaian seragam. Kegiatan ini juga mendapat respon yang sangat positif dari orang tua jadi saya berharap kegiatan ini dapat terus dilakukan bukan hanya tahun ini tapi juga tahun-tahun berikutnya, dan kalau bisa rutenya diubah, bukan hanya ke Makassar tapi keluar Sulawesi seperti jawa, tapi itu bergantung dari kemampuan peserta Study Tour. Karena manfaat yang dapat diambil dari Study Tour sangat banyak sekali seperti, mereka bisa langsung berkunjung ke Kampus-kampus terkenal di Makassar misalnya, UIN,UNHAS,UNM dan juga peserta akan mendatangi tempat-tempat bersejarah dan ikon-ikon yang ada di Kota Makassar dan dapat juga dijadikan sebagai Refreshing”, tutur Kepala Madrasah MA Izzatul Ma’arif Tappina ketika ditemui reporter Dedikasi di ruang kerjanya. (@Yuli & Henri)

 

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *